Jumat, 28 Oktober 2011

MANUISIA DAN PENDERITAAN


Manusia tidak luput dengan penderitaan, kadang kita merasa senang, sedih, bahagia, menderita dll. Kenapa bisa terjadi seperti itu? Karena hidup manusia seperti roda yang berputar kadang kita diatas atau senang dan kadang kita dibawah atau saat kita sedih. Dan kita sebagai manusia pasti pernah merasakan penderitaan  entah penderitaan secara fisik atau mental.
         Namun dari penderitaan atau kesedihan tersebut kita bisa lebih dewasa dan kitapin dapat mengambil hikmah dari penderitaan yang pernah kita alami. Tentu semua manusia tidak ingin merasakan yang namanya penderitaan. Penderitaan adalah bagian dari hidup. Setiap manusia pasti pernah mengalami penderitaan yang berbeda-beda. Bahkan ada yang beranggapan bahwa manusia parti akan terus menerus mengalami penderitaan selama hidupnya.
            Penderitaan bisa disebabkan oleh bermacam-macam sebab,salah satunya bisa berupaya suatu penyakit. Sebagian orang terkadang menganggap sebuah penyakit sebagai penderitaan yang diberikan Tuhan kepadanya. Terlebih lagi jika penyakit tersebut tidak kunjung membaik,terkadang sebagian orang beranggapan jika itu adalah penderitaan yang paling sulit dalam hidupnya yang diberikan oleh Tuhan. Itu hanya satu dari berbagai macam contoh-contoh yang dialami manusia yang sering kita temui.
            Penderitaan identik dengan siksaan,karena akibat dari siksaan timbulah penderitaan.  Siksaaan terbagi menjadi dua,yaitu siksaan hati dan tubuh,baik secara langsung maupun tidak langsung. Jadi dapat disimpulkan bahwa siksaaan tidak dapat dipisahkan dari manusia.
            Penderitaan memiliki beberapa tingkatan,ada yang berat maupun yang ringan. Semua itu tergantung dari masing-masing individu. Suatu peristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energy untuk bangkit bagi seseorang, atau sebagai langkah awal untuk mencapai keniknmatan dan kebahagiaan.
            Penderitaan yang dialami manusia itu sangatlah berbeda-beda, tetapi penderitaan yang dialami oleh manusia itu adalah penderitaan yang ditimbulkan oleh dirinya sendiri maupun penderitaan yang tidak disengaja. Suatu pendeeritaan yang diwujudkan bisa dalam berbagai hal seperti, penderitaan yang membuat seseorang tersebut itu bisa mendapatkan pelajaran atau juga bisa dapat mengambil contoh seperti penderitaan yg dialaminya.
            Penderitaan mental yang dimiliki oleh manusia, penderitaan mental itu sangat dialami oleh seseorang yang perekonomiannya kurang atau yang pendidikannya tidak ada, seperti penderitaan mental yang mengenai perekonomiannya dimasyarakat-masyarakat indonesia maupun dimana saja, penderitaan mental itu sangat sulit diterima oleh seseorang yang tidak kuat dalam menjalani hidupnya.
            Penderitaan jiwa, penderitaan jiwa yang meliputi sebagian seseorang di indonesia sangat banyak yang bisa dijumpai dimanapun, penderitian jiwa sangatlah susah disembuhkan karena penderitaan jiwa yang dialami seseorang manusia itu banyak yang menyangkut tentang perekonomian dan masalah-masalah yang dialami sewaktu dia mempunyai kesadaran yang normal.
           Penderitaan kesehatan, penderitaan keehatan sangat peka sekali bagi yang namanya manusia,penderitaan kesehatan yang dialami oleh manusia atau seseorang yang mengalaminya sangat bisa menyangkut bagi kehidupan seseorang yang terkena penyakit atau kesehatan yang kurang bagi manusia, penderitaan kesehatan banyak yang mudah sekali terkena penyakit, bagi seseorang yang mempunyai daya tahan tubuh kurang atau rendah.
           Penderitaan dalam rumah tangga, yaitu penderitaan yang dialami oleh sebagian seseorang yang sudah mengalami pernikahan atau yang baru memulai hidup baru dengan pasangannya, penderitaan rumah tangga banyak yang kita ketahui yaitu masalah berbeda pendapat, masalah perekonomian, yang banyak sekali di penderitaan rumah tangga.
          Penderitaan seks, bagi penderitaan seks yang banyak sekaali di dalam masyarakat atau bagi selurah dunia itu banyak sekali yang mengalami penderitaan seks sejak usia dini, karena penderitaan seks diakibatkan dari faktor-faktor keluarga, pergaulan, tidak mempunyai pendidikan yang secara formal.
          Penderitaan dalam membuat sesuatu,seseorang yang ingin membuat sesuatu sering sekali mendapatkan pederitaan seperti modal yang ingin membuat usaha modal tersebut hilang ataupun mendapatkan sesuatu penderitaan yang sering dialami oleh manusia, penderitaan tersebut faktor seseorang harus lebih pintar dalam mengatasi penderitaan-penderitaan.
          Jadi penderitaan-penderitaan yang banyak sekali dijumpai di mana saja, sering terjadi penderitaan itu tersebut kita alami sendiri, maka dari situlah manusia atau seseorang yang sedang mendapatkan penderitaan janganlah penderitaan itu dianggap mudah, jadi bagi manusia harus memahami kehidupan yang diberikan oleh sang pencipta.
NPM: 14511038

Tidak ada komentar:

Posting Komentar