Jumat, 28 Oktober 2011

MANUSIA DAN CINTA KASIH


Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang sangat sempurna, mengapa dinyatakan manusia yang sangat sempurna karena manusia adalah makhluk yang di beri nafsu dan akal pikiran yang sangat bagus oleh Tuhan dibanding makhluk ciptaan Tuhan yang lainnya.
Manusiapun diciptakan memiliki perasaan yang sangat peka. Manusia sendiri diwajibkan untuk memiliki pasangan hidup karena manusia tidak bisa hidup sendiri. Untuk memiliki pasangan hidup itu sendiri manusia memiliki yang namanya cinta dan kasih sayang.
Apah itu cinta dan kasih? Cinta adalah rasa suka, rasa sayang yang ditimbulkan oleh dalam diri manusia tapi cinya sama sekali bukan nafsu,  sedangakan kasih adalah perasaan sangat sayang atau perasaan belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.
Namun cinta dan kasih sayang tidak hanya untuk pasangan atau lawan jenis kita tetapi juga bisa kepada teman, sodara, Tuhan, orang tua kita dll. Secara sederhana cinta kasih adalah perasaan kasih sayang, kemesraan, belas kasihan dan pengabdian yang diungkapan dengan tingkah laku yang bertanggung jawab. Tanggung jawab artinya akibat yang baik, positif, berguna, saling menguntungkan, menciptakan keserasian, keseimbangan, dan kebahagian, berbagai, bentuknya dapat diuraikan sebagai berikut:
1. cinta diri
            Secara alamiah manusia mencintai dirinya sendiri. Manusia membenci segala sesuatu yang mendatangkan penderitaan, rasa sakit dan bahaya lainnya. Cinta terhadap dirinya tidak harus dihilangkan tetapi harus berimbang dengan cinta kepada orang lain untuk berbuat baik. karena jika cinta diri terlalu besar akan menimbulkan sifat egois. Inilah yang dimaksud cinta ideal.

2. cinta seksual
            Cinta erat kaitannya dengan dorong seksual, sebab ialah yang bekerja dalam melestarikan kasih sayang, keserasian, dan kerjasama antara suami dan istri. Yang merupakan factor yang primer bagi kelangsungan hidup keluarga. Ia merupakan emosi alamiah yang tidak bisa diingkari. Tapi setidaknya kita harus bisa mengendalikan dan menguasai cinta ini dengan cara yang sah, yaitu pernikahan.


3. cinta kepada sesama manusia
            Cinta kepada sesama manusia merupakan watak manusia itu sendiri. Perlakuan yang baik kepada sesama manusia bukan dalam arti karna seorang itu membela, menyetujui, mendukung atau berguna bagi dirinya, melainkan datang dari hati nuraninya yang ikhlas disertai tujuanyang mulia. Motivasi seseorang mencintai sesama manusia disebabkan karena manusia itu sendiri tidak dapat hidup sendirian (manusia sebagai mahkluk social) dan merupakan suatu kewajiban.

4. cinta kebapakan
            Seorang ibu dengan anak-anaknya terjalin suatu ikatan fisiologi. Para ahli ilmu jiwa berpendapat bahwa dorongan kebapakan bukan karena fisiologis melainkan dorongan fisikis. Cinta kebapakan dalam Alquran diistirahatkan dalam kisah nabi nuh as betapa cintanya ia kepada anaknya, tampak jelas ketika ia memanggilnya dengan penuh rasa cinta, kasih sayang dan belas kasihan. Untuk naik ke perahu agar tidak tenggelam di telan ombak.

5. cinta kepada ALLAH
            Merupakan puncak cinta manusia, yang paling jernih dan spiritual ialah cintanya kepada ALLAH dan kerinduannya kepada-Nya. Cinta yang ikhlas seorang manusia kepada ALLAH akan membuat cinta itu menjadi pendorong yang mengarahkannya dalam kehidupannya dan menundukkan semua bentuk cinta yang lainnya.

6. cinta kepada Rasul
            Cinta kepada rasul yang di utus Allah sebagai rahmah bagi seluruh alam semesta menduduki peringkat kedua setelah cinta kepada Allah. Ini karena Rasul merupakan ideal sempurna bagi  manusia baik dalam tingkah laku, moral, maupun berbagai sifat luhur lainnya.

Cinta juga selalu menyatakan unsur- unsur dasar tertentu yaitu:
1. pengasuh, contohnya cinta seorang ibu kepada anaknya.
2. tanggung jawab, adalah tindakan yang benar-benar berdasarkan atas suka rela.
3. pengertian, merupakan suatu perbuatan yang bertujuan untuk mengembangkan pribadi orang lain, agar mau membuka dirinya.
4. pengenalan, merupakan keinginan untuk mengetahui rahasia manusia.
 NPM: 14511038

Tidak ada komentar:

Posting Komentar